KH. ZUBAIR DAHLAN

KH ZUBAIR DAHLAN

Adalah putra kedua dari Kyai Dahlan yang dihalhirkan di Sarang tahun 1323 H. bertepatan dengan mukimnya KH. Ahmad bin Syu'aib (paman dan mertua beliau) di Makkah semasa muda guna tholabul ilmi. 

Diawah bimbingan orang tua dan kakeknya serta masyayikh Sarang kala itu, beliau tumbuh menjadi anak yang sangat cerdas. Terbukti sejak usia 6 tahun cucu KH. Syuiab ini sudah bisa membaca al Qur'an dengan tajwid, sehigga belaiu sangat disayangi oleh kakek dan kerabat-kerabatnya. 

Ketika berusia 17 tahun besama dengankakek dan neneknya beliau berangkat ke Makkah guna menimba ilmu kepada ulama-ulama' disana bersama dengan pamannya yaitu KH. Imam Kholil. Diantara masyayikh beliau adalah syeikh Baqir al Jogjawi, syeikh Sa'id al Yamany dan putranya yaitu syeikh Hasan al Yamany yang menjuluki beliau dengan Zubair al Kufy, karena ketika beliau disuruh mengi'rob lafadh: مررت بزيد وضرب زيد عمرا beliau menjawab: مررت فعل ماض مبنى على السكون والتاء ضمير مبني على الضم فاعله ....الخ maka beliau ditegur oleh guru beliau: أنت من أهل الكوفة والكوفي لايوفى: دع عليه الكوفيون فإنهم اهتموا بدماء البعوضة وأهملوا دم الحسين . 

Setelah bermukim di Makkah selama tiga tahun,bersama pamannya (K.H Imam Kholil) beliau kembali ke sarang, dan kemudian melanjutkan study kepada syaikh Faqi bin Abdul jabber maskumambang. Dari gurunya ini beliau belajar tafsir, Jam'ul Jawami', syarah Ummul barohin, dan mendapatkan kitab sanad yang berjudul "kifayatul mustafid", karangan syeikh mahfudz teremas. 

Pada tahun 1371 H ayahanda KH. Maimoen Zubair ini berangkat lagi ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji. Waktu yang sangat singkat ini, beliau gunakan untuk belajar kepada ulama' ulama' disana, diantaranya yaitu sayyid Alawi al Maliky dan syeikh Yasin al Fadany yang memberikan ijazah pada beliau dengan ijazah yang tammah. 

Beliau mempunyai beberapa karangan diantaranya: Kitabul manasik fil hajji, al Qowa'id al Lu'luiyyah nadhom risalah as Samarqondiyyah, nadhom Rumuzul Fuqoha' dan beberapa sya'ir tentang adab dan hisab. 

Selama kiprah beliau pondok pesantren Sarang yang semula hanya satu berkembang menjadi dua, yaitu MIS dan MUS, dan dari ulama' yang menyukai dluafa' serta orang-orang miskin ini lahirlah ulama'-ulama' besar, diantaranya KH. Mushlih Mranggen, KH. Sahal Mahfudz Kajen dll. 

Dan akhirnya orang alim yang agung ini berpulang kerahmatullah pada malam selasa 15 Romadlon 1389 H. Beliau termasuk ulama' Sarang yang hidup dan wafat dalam keadaan faqir.

0 comments:

Post a Comment