Sejarah Berdirinya PP MUS Pondok Pesantren MA'HADUL 'ULUM ASY-SYAR'IYYAH

Logo PP MUS
Website : www.PPMUS.com
 
Pada tahun 1850, bermula dari sebuah pengajian monolog di sebuah surau (musholla) yang dipimpin oleh seorang tokoh yang sangat kharismatik di lingkungan masyarakat nelayan Sarang bernama KH. Ghozali Bin Lanah. Pada saat itu beliau melihat kondisi masyarakat Sarang masih sangat jauh dari norma-norma Islam. Sebagai sarana dakwahnya beliau mendirikan sebuah lembaga pendidikan non formal,  yang berupa Pondok Pesantren (inilah pondok pesantren pertama yang menjadi cikal bakal berdirinya beberapa Pesantren di Karangmangu Sarang).

Dalam perkembangannya, lembaga ini menjadi salah satu prioritas bagi mereka yang ingin mendalami ilmu-ilmu agama Islam. Murid-muridnya tidak hanya berasal dari wilayah Sarang, akan tetapi banyak yang berasal dari luar daerah. Salah satu murid Beliau yang sangat terkenal adalah KH. Syua'ib bin KH. Abdurrozzaq, yang selanjutnya diambil menantu oleh KH. Ghozali untuk meneruskan perjuangan Beliau dengan dibantu oleh KH. Fathurrohman (putra KH. Ghozali).
Sepeninggal KH. Ghozali tongkat perjuangan dipegang oleh menantu beliau (KH. Syua'ib bin KH. Abdurrozzaq) dan dibantu oleh dua putra KH. Syua'ib (KH. Ahmad dan KH. Imam Kholil). Pada tahun 1928 M. KH. Syua'ib meninggal dunia dengan menorehkan sejarah panjang perjuangan.

Dari tahun ke tahun, jumlah santri yang mengaji di lembaga ini semakin bertambah banyak. Hal ini menggugah keprihatinan KH. Ahmad Syu'aib yang melihat kurang memadainya fasilitas, karena kurangnya lokal untuk  bermukim bagi para santri yang berasal dari luar daerah. Akhirnya, KH. Ahmad dengan dukungan dan bantuan menantu Beliau, KH. Zubair Dahlan (ayahanda KH. Maimoen Zubair), berinisiatif untuk mendirikan lembaga baru yang diberi nama Ma'hadul 'Ulum Asy-Syari'yyah (MUS).

Pada perkembangannya Pondok pesantren ini terus  mengalami kemajuan yang cukup signifikan. Semenjak dari asuhan KH. Ahmad Syua'ib (w. 1967 M) kemudian diteruskan oleh putra Beliau, KH. Abdurrochim Ahmad (w. 21 Romadlon 1422 H / 2001 M) hingga sekarang Pondok Pesantren MUS telah memiliki santri dengan jumlah 1.200 (terdiri dari 800santri putra dan 400 santri putri) . Saat ini Pondok Pesantren MUS telah memasuki generasi ketiga di bawah asuhan KH. M. Sa'id Abdurrochim dibantu oleh KH. M. Ma'roef Zubair dan KH. M. Adib Abdurrochim.

Seiring dengan berjalannya waktu, Pondok Pesantren MUS terus mengalami perkembangan. Tidak hanya santri dari kalangan remaja dan dewasa, santri anak-anakpun banyak menuntut ilmu di dalamnya. Untuk menjaga kwalitas belajar para santri, khususnya santri dari kalangan anak-anak, maka pada bulan November tahun 2007 M, muncul ide untuk membuat pondok khusus anak-anak. Hal ini dianggap perlu demi menjaga efektivitas dan konsentrasi belajar santri seusia mereka. Karena pada usia seperti mereka diperlukan  pendidikan dan pengajaran serta penanganan khusus.

Untuk merealisasikan hal tersebut, maka pada akhir tahun 2007 dibangunlah Pondok Pesantren baru khusus anak- anak yang diberi nama Ma'had Tarbiyatul Athfal. Dimana Pondok Pesantren ini masih berada di bawah naungan Pondok Pesantren Ma'hadul 'Ulum Asy-Syari'yyah (MUS). Pembangunan Ma’had Tarbiyatul Athfal ini dibiayai oleh sumbangan tidak mengikat yang bersumber dari alumni dan para dermawan. Namun Karena keterbatasan dana, sementara biaya yang dibutuhkan cukup besar, hingga saat ini pembangunan Ma’had Tarbiyatul Athfal masih berjalan 25% (Dua Puluh Lima Persen), sehingga masih belum bisa difungsikan.

0 comments:

Post a Comment