KH. SYU'AIB BIN ABDURROZAQ

KH Syu'aib

Kakek –dari ibu- KH. Zubair dan menantu KH. Ghozali (pendiri PP Sarang pertama kali) ini lahir pada tahun 1263 H. 

Semula beliau belajar pada KH. Ghozali Sarang kemudian ketika beliau berumur 20 tahun, beliau pergi ke Kajen Pati untuk mulazamah kepada K. Murtadlo, seorang ulama' sufi yang terkenal denan ilmu ketuhanannya. Dari guru ini beliau belajar ilmu Tauhid, Fiqh dan ilmu-ilmu ketuhanan lain. Lebih-lebih talqinyddzikri dan titian jalan menuju kewalian. Disamping itu beliau juga belajar al Qur'an secara talaqi. 

Setelah sekian lama di Kajen dan beliau telah berhasil menjadi seorang yang ahli didalam ilmu ketuhanan hingga melampaui teman-temannya, beliau kembali ke Sarang dan muncullah beliau sebagai seorang yang zuhud, sampai-sampai beliau mengatakan: "saya mentholak dunia dengan tiga thokan". Hal ini ketika umur beliau menginjak umur 60 tahun. 

Beliau seorang yang sangat mencintai para ulama' danorang-orang shlih sehingga ketika umur beliau sudah lanjut, beliau mengajak para masyayekh Sarang untuk tetap istifadah disamping mengajar para santri. Oleh karena itu, maka beliau memohon kepada KH. Murtadlo Sarang untuk membaca kitab Ihya' Ulumuddin lil Ghozaly dan bersama-sama para masyayekh Sarang beliau mengaji hingga KH. Murtadlo wafat. 

Pada bulan Sya'ban 1358 H, beliau wafat dan meninggalkan putra-putri yang menjadi penerus perjuangan beliau.

0 comments:

Post a Comment