SYEIKH MUHAMMAD YASIN BIN ISA AL FADANY

Syeikh Yasin

Beliau adalah seorang ulama' besar yang merupakan salah satu guru KH. Maimoen Zubair yang lahir di Makkah pada 27 Sya'ban 1337 H, menurut satu riwayat pada 1335 H> 

Sejak kecil beliau belajar pada orang tuanya lalu dilanjutkan pada pamannya yaitu syeikh Mahmud al Fadany. Pada tahun 1346 H, beliau masuk ke madrasah ash Sholatiah dan lulus pada 1356 H. setelah itu melanjutkan ke madrasah Darul Ulum disamping juga mengajar di Masjid al Harom. 

Seorang ulama' yang dijuluki "musniduddunya" -karena hampir semua ulama' besar disegala penjuru dunia mendapat ijazah dan sanad dari beliau- ini mempunyai guru yang sangat banyak hingga mencapai 700, baik laki-laki maupun perempuan. Diantara guru beliau adalah syeikh Umar Harridan al Mahrusy (seorang muhaddits yang juga merupakan salah satu guru dari sayyid 'Alawi), Sayyid Muhsin al Musawy (pengarang Nahju at taisir syarah dari nadzom ilmu Tafsir pelajaran tingkat V MHD), sayyid Alawi al Maliky (pengarang kitab Ibanatul Ahkam syarh Bulughul Marom dan Faid al Khobir Hasyiah Nahju at Taisir keduanya pelajaran tingkat IV dan V MHD). Syeikh Hasan Masysyath (pengarang syarh Baiquni pelajaran tingkat V MHD), syeikh Sa'id al Yamany dan putranya syeikh Hasan Yamany keduanya juga merupakan guru dari KH. Zubair Dahlan. Bertendensi pada hadits: 
Syeikh Yasin

طلب العلم فريضة على كل مسلم ومسلمة 

Beliau berpandangan bahwa belajar dan mengajar kaum wanita hukumnya wajib, maka dari itu, setelah sekian lama beliau cita-citakan, akhirnya beliau mendirikan madrasah Ibtida'iyah lil Banat dan kemudian pada bulan Robi'uttsani 1337 H beliau mendirikan ma'had lil Mua'llimat sebagai kelanjutannya. 

Sebagai bukti kealiman beliau, beliau meninggalkan banyak sekali karangan yang diantaran : Hasyiyah Nuhjah at taisir (pelajaran tinggkat V MHD), al Fawaidul Janiyah (pelajaran tingkat IV MHD), Husnus Shiyaghoh (pelajaran tingkat IV MHD). 

Dan akhirnya dunia harus rela kehilangan beliau, dengan wafatnya beliau pada malam jum'at 28 Dzul Hijjah 1410 H, dan di sholati setelah jum'at dan kemudian dimakamkan di Ma'la.

0 comments:

Post a Comment